Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Sukses Bisnis

Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Sukses BisnisPengaruh Kepemimpinan Terhadap Sukses Bisnis sangat besar. Suatu organisasi kelak berhasil atau bahkan gagal sebagian besar ditentukan oleh kepemimpinan. Suatu ungkapan mulia yang mengatakan bahwa pemimpinlah yang bertanggung jawab atas kegagalan pelaksanaan suatu pekerjaan, hal ini dikarenakan posisi pemimpin dalam suatu organisasi berada pada posisi yang sangat penting.

Manajemen sumber daya manusia pada dasarnya merupakan langkah-langkah perencanaan, penarikan seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan baik individu maupun organisasional. Untuk itu diperlukan adanya suatu manajemen yang baik untuk mengatur akan hal tersebut secara efektif dan efisien, agar tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat terwujud.

Suatu perusahaan dapat maju atau hancur akibat rendahnya kualitas dan tingkah laku manusia yang berada di dalam perusahaan tersebut.

Seorang pemimpin dapat mempengaruhi kepuasan kerja, keamanan, kwalitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Para pemimpin juga memainkan peranan kritis dalam membantu kelompok, organisasi atau masyarakat untuk mencapai tujuan mereka.

Kemampuan dan keterampilan kepemimpinan dalam pengarahan adalah faktor penting dalam efektifitas manajer. Bila organisasi dapat mengidentifikasikan kualitas–kualitas yang berhubungan dengan kepemimpinan, kemampuan untuk menseleksi pemimpin-pemimpin efektif peluang suksesnya suatu bisnis bisa meningkat. Dan bila organisasi dapat mengidentifikasikan perilaku dan teknik-teknik kepemimpinan efektif, juga dicapai pengembangan efektifitas personalis dalam organisasi.

Dalam sebuah bisnis untuk menjadi sukses, memerlukan manajemen yang baik yang hanya bisa disampaikan oleh manajer berpengalaman baik. Namun, dalam dunia yang penuh persaingan pada saat ini, keterampilan manajemen dasar tidak cukup untuk meraih sebuah keberhasilan, diperlukan lebih pengalaman akan hal tersebut.

Keterampilan kepemimpinan (Leadership Skill) yang baik dan efektif sangat penting untuk membangun, mendorong dan mempromosikan budaya dalam perusahaan yang kuat dan akhirnya mencapai kesuksesan. Sering kali, manajer disalahpahami untuk menjadi pemimpin yang sebenarnya, adalah tidak benar.

Seorang pemimpin dapat merupakan manajer, sedangkan tidak semua manajer memiliki jiwa pemimpin. Dengan demikian, keterampilan kepemimpinan diperlukan untuk memaksimalkan efisiensi dan mencapai tujuan organisasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terwujudnya efektifitas kerja yang positif

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pekerjaan yaitu terwujudnya efektivitas kerja yang positif. Dalam upaya mewujudkan efektivitas kerja yang positif tentunya bukan merupakan usaha yang mudah, karena dipengaruhi beberapa faktor diantaranya :

  1. lingkungan kerja,
  2. tata ruang kantor,
  3. suasana kerja,
  4. gaya kepemimpinan dan komunikasi baik intern maupun ekstern dan lain sebagainya.

Apabila efektivitas kerja pegawai kurang bagus tentunya tujuan organisasi yang telah ditetapkan juga tidak akan dapat tercapai dengan baik. Hal inilah yang perlu mendapatkan perhatian oleh pihak manajerial terutama pimpinan instansi, agar dapat sedini mungkin mengantisipasi dan berupaya meningkatkan kualitas manajemen sumber daya manusia yang ada pada lembaga tersebut.

Semoga bermanfaat.

Widodo Aryanto SE., MCom About Widodo Aryanto SE., MCom
Master Trainer, Public Speaker, Motivator dan Konsultan Pengembangan Organisasi. Untuk informasi, pendaftaran seminar/public training dan permintaan pelatihan/inhouse training bisa menghubungi Email: info@konsultanpelatihan.com Hp. : 0818215077 dan 082110658857