Tips Presentasi Sukses #1 “Persiapan Yang Baik adalah Kunci Keberhasilan Anda”

Tips Presentasi SuksesPresentasi sama dengan “menjual”. Yang dijual bisa ide, barang, layanan ataupun individu. Contohnya: bila Anda akan menjual ide bisnis Anda maka persiapkan berbagai alasan mengapa bisnis Anda bakal melesat sukses, dari mulai ide produk, ongkos produksi, perhitungan kelayakan, keuntungan dan lain-lain.

Sama juga dengan presentasi tentang kebijakan sekolah melarang siswa membawa kendaraan sendiri. Nah sang presenter harus memaparkan alasan, keuntungan dan kerugian kebijakan dan bagaimana implementasinya.

Jadi untuk Anda yang ingin hasil presentasinya bagus maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah persiapan. Persiapkan materi presentasi sebaik mungkin. Kata orang bijak: persiapan yang matang adalah setengah keberhasilan. Maka dari itu sediakan waktu yang cukup bagi Anda untuk menggali materi, membuat desain presentasi dan berlatih presentasi.

Persiapan sangat penting karena persiapan yang baik dapat:
1. Mengurangi ketakutan dan Anda akan menjadi lebih percaya diri.
2. Mengurangi resiko kegagalan presentasi seperti data hilang, bahasa yang tidak tepat, pertanyaan yang tidak terjawab dengan baik dan waktu presentasi yang tidak pas.
3. Materi lebih matang, lebih siap dan lengkap.
4. Penguasan materi semakin baik.

Presentasi yang disiapkan dengan baik akan meningkatkan peluang keberhasilan tujuan presentasi. Untuk melakukan persiapan maka Anda perlu melakukan:
1. Review ulang apa tujuan presentasi
2. Kenali siapa audiens dan apa kebutuhannya.
3. Kuasai lingkungan lokasi presentasi seperti tata letak panggung, meja, kursi dan sound system. Cari informasi ini dari panitia atau penanggungjawab acara.
4. Buat kisi-kisi materi
5. Cari data pendukung yang memperkuat presentasi Anda
6. Buat desain presentasi, ingat: sesuaikan dengan kebutuhan.
7. Review ulang apakah semua sudah ok, seperti apakah materi sudah sesuai dengan tujuan presentasi, apakah data update dan jangan lupa edit bahasa dan ejaan.
8. Latihan presentasi. Akan bagus kalau Anda benar-benar melakukannya lebih dari sekali.
9. Tanya pendapat orang lain tentang materi, desain dan cara penyampaian Anda, saran dan kritik akan semakin memantapkan presentasi Anda.

Ok, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Oleh: Widodo Aryanto

Widodo Aryanto SE., MCom About Widodo Aryanto SE., MCom
Master Trainer, Public Speaker, Motivator dan Konsultan Pengembangan Organisasi. Untuk informasi, pendaftaran seminar/public training dan permintaan pelatihan/inhouse training bisa menghubungi Email: info@konsultanpelatihan.com Hp. : 0818215077 dan 082110658857