Tips Presentasi Sukses #2: “Meraih Kepercayaan Audiens”

Beberapa waktu lalu saya memberikan pelatihan Public Speaking & Presentasi di sebuah perusahaan enerji terbesar di republik ini. Peserta pelatihan adalah direksi anak-anak perusahaan yang tengah disiapkan untuk menjadi direksi perusaaan induk. Salah seorang peserta bertanya tentang satu hal yang sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya presentasi yaitu tentang bagaimana meraih kepercayaan audiens.Pertanyaan yang bagus dan saya akan bagi jawabannya kepada Anda agar Anda juga bisa tahu tips meraih kepercayaan audiens.

Pada dasarnya kepercayaan audiens kepada nara sumber/pembicara terbentuk dari beberapa faktor yakni:

1. Latar belakang pembicara

Latar belakang nara sumber/presenter seperti posisi atau kedudukan sang adalah sumber pembentuk kepercayaan yang besar. Contohnya adalah pimpinan seperti kepala negara, gubernur, kepala desa, direktur, manager atau ketua organisasi. Posisi pimpinan secara psikologis memberikan penguatan atas persepsi audiens terhadap nara sumber sebagai orang yang terpercaya. Begitu juga dengan nara sumber yang memiliki penguasaan dibidang yang sesuai dengan materi seperti guru besar, kyai, psikolog, teknisi, pilot, dokter atau juru masak. Misalnya audiens cenderung lebih percaya seorang juru masak dibandingkan seorang montir apabila topik yang dibicarakan adalah tentang cara memasak. Begitu juga sebaliknya, audiens lebih percaya nara sumber montir daripada juru masak bila yang dibicarakan adalah tentang perawatan mesin.

2. Kemampuan komunikasi

Cara Anda berkomunikasi juga memiliki dampak yang besar terhadap pembentukan kepercayaan audiens kepada Anda. Berkomunikasilah dengan bahasa sederhana, mudah dimengerti audiens, bolehlah sesekali sisipkan bahasa asing, tapi jangan berlebihan. Latih dan kuasai cara presentasi yang baik. Kuasai ruang seminar/rapat dengan menyebarkan panangan keseluruh audiens. Berbicara jangan terlalu lambat ataupun cepat, kontrol kecepatan, intonasi pada beberapa kata-kata penting sebagai penegasan perlu. Berbicaralah layaknya Anda seorang pembicara profesional yakni dengan wajah yang menyenangkan, bahasa tubuh teratur maka kepercayaan audiens kepada Anda akan besar.

3. Penampilan

Buatlah audiens Anda jatuh hati pada pandangan pertama. Caranya adalah dengan penampilan yang baik dan terjaga. Penampilan sang nara sumber/presenter yang baik berpengaruh besar dalam membentuk kredibilitas/kepercayaan audiens. Misalkan Anda adalah nara sumber tamu disebuah acara formal, katakanlah Rapat Koordinasi Tahunan Perusahaan, akan lebih baik bila Anda tampil dengan pakaian rapih, bersih, padu padan yang pas, atau tampil sesuai dengan dress code acara (batik, jas, dasi), gaya rambut tersisir rapi (akan lebih baik bila Anda memakai wet look), badan tidak berkeringat dan berbau.Penampilan yang baik tidak saja membuat Anda terlihat lebih terpercaya tetapi juga membuat Ana lebih percaya diri.

Beberapa hal yang saya sampaikan diatas sangat bisa kita semua lakukan. Sederhana dan berdampak. Jadi suatu waktu Anda diberi waktu untuk tampil memaparkan gagasan Anda atau menjadi nara sumber maka baca kembali tips diatas dan lakukan sebaik bisa.

Semoga bermanfaat. Salam sukses selalu.

Oleh: Widodo Aryanto

Widodo Aryanto SE., MCom About Widodo Aryanto SE., MCom
Master Trainer, Public Speaker, Motivator dan Konsultan Pengembangan Organisasi. Untuk informasi, pendaftaran seminar/public training dan permintaan pelatihan/inhouse training bisa menghubungi Email: info@konsultanpelatihan.com Hp. : 0818215077 dan 082110658857