Tips Team Building #1 Trust First

Tips Team BuildingPada berbagai acara pelatihan team building dan outbond banyak klien saya memanfaatkan waktu luang ditengah break untuk mengajukan beragam pertanyaan seputar cara membangun tim yang solid.

Harus diakui adalah dambaan para manajer dan pebisnis untuk memiliki tim yang solid. Tim yang memiliki semangat kerja luar biasa. Tim yang berkinerja unggul. Tim yang selalu mencapai atau bahkan melebihi target. Tim yang membuat betah anggotanya.

Apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya agar tim impian yang berkinerja unggul nan solid itu bisa dibentuk?

Saya akan mulai dari pertanyaan apa yang harus dilakukan untuk membangun tim impian. Pertama adalah bangun budaya atau nilai-nilai TRUST (KEPERCAYAAN). Ya cukup singkat, jawabannya satu kata saja: trust. Kok bisa? Mengapa harus trust? Kenapa harus bangun kepercayaan dulu? Bagaimanaa trust bisa mempengaruhi kenirja? Apakah dengan trust atau kepercayaan kemudian masalah selesai?.

Mari kita cermati apa yang terjadi di dunia global. Di negara-negara yang punya budaya trust bagus maka biasanya negara-negara tersebut disiplin, angka kriminalitas rendah, ekonomi makmur, efisiensi tinggi, daya saing tinggi dan negara dikelola dengan akuntabel dan transparan. Mari kita simak contoh berikut:

Pertama ambil contoh tetangga imut kita: Singapura. Trust sudah menjadi budaya yang sangat kuat dan menonjol. Misalnya: kedisiplinan. Setiap warga Singapura punya trust tinggi sehingga percaya dan yakin bahwa orang lain akan patuh pada aturan. Tidak perlu pengawasan yang ketat dan berlebihan. Orang akan membuang sampah ditempat sampah atau ditempat yang telah disediakan. Kalaupun tidak ada tempat sampah mereka menyimpan sampah di saku, kantong plastik ataupun tas mereka terlebih dahulu.

Begitu juga dengan trust bahwa orang akan patuh pada himbauan. Cukup dengan tulisan “Jangan diinjak” (do not step) maka rumput yang baru ditanam tidak akan diinjak. Tidak perlu ada petugas keamanan, kamera pengawas, pagar ataupun pita kuning, orang akan patuh, efisien bukan?

Begitu juga antrian. Semua orang saling trust bahwa kalau antri duluan pasti dilayani lebih awal. Gak usah diatur-atur. Mereka yang mau masuk kereta atau lift pasti mendahulukan yang mau turun duluan. Di bus kota Kenek atau kondektur juga tidak ada. Karena trust semua orang akan membayar ongkos. Tidak perlu ada tulisan “bus kejujuran” atau “kantin kejujuran” semua pasti bayar.

Daya saing pelayanan juga tinggi. Dwelling time/waktu bongkar muat cepat dan biaya jelas. Tidak ada pungli yang membebani biaya logistik. Pelayanan di rumah sakit juga bagus. Pasien trust bahwa dokter, perawat dan rumah sakit akan membantu full.

Trust membuat semua pelayanan perijinan cepat. Pemerintah trust bahwa orang mengisi formulir dengan sebenar-benarnya, gak perlu meterai, gak perlu stempel, cukup tandatangan maka formulir apapun yang diisi benar dan sah. Data juga tidak akan disalahgunakan. Efisien dan efektif serta cepat.

Bisa disimpulkan bahwa pada high trust society maka akan munxcul efisiensi (tidak perlu lembaga/komisi pengawas atau bahkan badan pengawas yang mengawasi pengawas), efektif (pelayanan memuaskan, prosedur ringkas, birokrasi gak ribet), akuntabel dan transparan (tidak ada biaya siluman), daya saing tinggi (biaya perijinan, logistik dan membuka usaha terjangkau serta mudah), hidup lebih nyaman (karena semua orang menjaga kebersihan dan ketertiban), ekonomi makmur (pengelolaan keuangan dan pembangunan akuntabel dan transpran untuk kesejahteraan rakyat) dan membuat orang betah tinggal atau berkunjung (trust bahwa tinggal atau berkunjung pasti aman dari biaya aneh-aneh, harga-harga jelas dan tidak menipu, pelayanan umum bagus dan seterusnya)

Bagaimana dengan organisasi atau perusahaan dunia yang trustnya tinggi? Silahkan baca pada bagian kedua. Terimakasih…..

Oleh: Widodo Aryanto

Widodo Aryanto SE., MCom About Widodo Aryanto SE., MCom
Master Trainer, Public Speaker, Motivator dan Konsultan Pengembangan Organisasi. Untuk informasi, pendaftaran seminar/public training dan permintaan pelatihan/inhouse training bisa menghubungi Email: info@konsultanpelatihan.com Hp. : 0818215077 dan 082110658857